Bulakamba, 15 Januari 2024
Dibulan Januari tahun 2024
ini, para guru di Indonesia mulai terlihat sibuk dengn aktivitas
pengisian perencanaan kinerja melalui Platform
Merdeka Mengajar (PMM).
Untuk itulah perlu adanya
kegiatan sosialisasi dengan tujuan agar para guru memahami apa itu pengelolaan kinerja Guru, pemanfaatannya dan bagaimana cara mengisinya.
Kegiatan Sosialisasi
Pengelolaan Kinerja di SMA Negeri 1 Bulakamba dilaksanakan pada hari Senin,
15 Januari 2024. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru, baik guru yang
bersatus sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil), PPPK (Pegawai
Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) dan guru honorer.
Pemateri dalam kegiatan
ini adalah Ibu Haris Yuftika Hani, M.Pd selaku wakil kepala sekolah bidang humas.
Kegiatan sosialisasi
diawali dengan pembukaan oleh Kepala Sekolah Bapak Imam Bagus Winarto, M.Pd
dengan dipandu MC Bapak Zaenul Nadif, S.Pd, kemudian paparan langsung pemateri
kurang lebih sebagai berikut :
Di awal tahun 2024 ini, Platform Merdeka Mengajar (PMM) semakin lengkap dengan
adanya fitur baru, yaitu fitur Pengelolaan Kinerja.
Pengelolaan Kinerja di PMM
ini bisa menjadi alat bantu bagi para guru dan kepala sekolah untuk memudahkan
menentukan Sasaran Kinerja yang lebih konstektual dengan kebutuhan satuan
Pendidikan (satdik) dan pengembangan karier demi peningkatan kualitas
pembelajaran murid.
Pada tahap pertama dalam
pengelolaan kinerja yaitu perencanaan kinerja, guru memilih satu indikator yang
muncul. Disini akan muncul indikator rekomendasi satuan Pendidikan berdasarkan
capaian Rapor Pendidikan yang telah terintegrasi di PMM.
Tahap perencanaan kinerja
ini harus sudah diisi oleh para guru pada bulan Januari 2024 ini. Sedangkan
kepala sekolah adalah pihak yang menyetujui dan melakukan observasi.
Tampilan menu aplikasi pengelolaan kinerja di PMM
Tatacara pengisian
pengelolaan kinerja guru di PMM
Klik fitur pengelolaan kinerja di beranda PMM
Akan muncul tampilan Rencana Kinerja dan penjelasan alur kinerja dari Januari
s.d Juni
Kilk Mulai untuk mengisi
perencanaan .Akan muncul data diri seperti Nama, NIP, Status Kepegawaian,
pangkat/golongan, jenjang jabatan dan nama satuan Pendidikan. Pastikan data
diri sudah sesuai. Jika Data sudah sesuai, silahkan klik data sudah sesuai.
Klik Ya, Lanjut Rencanakan Kinerja
Muncul Perencanaan Kinerja
Jan – Juni 2024, Dimana ada Praktik Pembelajaran, Pengembangan Kompetensi,
Tugas Tambahan, Perilaku Kerja, dan Rangkuman
Pilih Indikator untuk menjadi fokus peningkatan kinerja Anda. Usahakan pilih yang
nilainya masih rendah yang berwarna merah atau kuning berdasarkan rapor
Pendidikan satdik masing-masing.
Klik ke Pengembangan
Kompetensi, silahkan mengisi Rencana Hasil Kerja (RHK) dengan batas minimal 32
point dan maksimal 128 point. Silahkan diisi sesuai dengan kemampuan
masing-masing.
Kemudian pilih target
kuantitas yang ingin dicapai, berapa targetnya.
Untuk menembahkan RHK Klik Tambah, akan muncul tambahan kotak untuk diisi
Kembali RHK. Penambahan RHK dapat dilakukan beberapa kali sesuai dengan
kebutuhan masing-masing.
Jika sudah selesai di
Pengembangan Kompetensi, klik ke Tugas tambahan. Pilih RHK untuk tugas tambahan
Bukti dukung tersebut dapat berupa hasil penilaian, observasi, sertifikat, SK,
rangkuman kegiatan, dapat juga berupa dokumen.
Jika tugas tambahan jsudah
selesai, klik ke Perilaku Kerja. Pada laman ini, silahkan memilih indikator
yang akan diobservasi oleh kepala sekolah. Dalam Perilaku Kerja ada tujuh aspek
yang harus diisi.
Jika sudah selesai semua,
klik ke Rangkuman. Pada laman ini, bisa dilihat seluruh hasil pengisian
perencanaan kinerja. Silahkan untuk memastikan pengisian sudah sesuai dan
benar.
Klik Lanjut ajukan untuk pengajuan perencanaan ke kepala sekolah.
Perencanaan Kinerja sudah
diajukan ke Kepala sekolah, silahkan dicek secara berkala untuk melihat status
perencanaan kinerja dengan klik cek perencanaan kinerja..
Setelah Perencanaan Kinerja
sudah disetujui, para guru perlu kembali memeriksa hasil penyesuaian dari
atasan dan apabila sudah sesuai, akan menyepakati rencana kinerja.
Suasana pengisian pengelolaan kinerja pada PMM
Setelah paparan, pemateri
mulai mengajak semua peserta sosialisasi untuk langsung praktik mengisi secara
bersama-sama. Dengan langsung praktik, semua peserta sosialisasi berhasil
mengisi perencanaan kinerja.
Setelah dipastikan semua
peserta sudah mengisi perencanaan Kinerja. Pemateri melanjutkan dengan materi
kedua yaitu Refleksi Kompetensi
Demikian ulasan tentang kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Kinerja di SMA Negeri
1 Bulakamba. Semoga bermanfaat.***