Octavianto,
S.Pd.
Guru
Mata Pelajaran Fisika Kelas X SMA N 1 Bulakamba
Kabupaten
Brebes, Provinsi Jawa Tengah
Indonesia menjadi salah satu negara berkembang yang sedang
membangun manusia unggul dan berkualitas. Pentingnya pelaksanaan pembangunan
Indonesia yang diharapkan agar sejajar dengan bangsa-bangsa lain yang sudah
maju. Oleh karena itu dibutuhkan sumber daya manusia yang cerdas dan terampil pada
bidangnya masing-masing. Pendidik meningkatkan kecerdasan dan keterampilan peserta
didik dengan memahami karaketristik peserta didiknya terutama dalam
implementasi Kurikulum Merdeka sekarang ini.
Sri Handayani (2019) mengungkapkan arti pentingnya
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan hampir di seluruh
aspek kehidupan bangsa Indonesia. Dimana berbagai permasalahan tersebut hanya bisa
dipecahkan dengan peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi. Peserta didik
dengan mempelajari IPTEK memperoleh manfaat terutama dalam era persaingan dunia
yang semakin ketat. Peserta didik hendaknya memaknai arti penting persaingan dunia,
sehingga terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang
dimilikinya. Sesuai dengan kondisi peserta didik di kelas X SMA N 1 Bulakamba
konsep pembelajaran saat ini harus berubah dari pembelajaran yang berpusat pada
guru ( Teacher Centered Learning ) menjadi berpusat kepada peserta
didik ( Student Centered Learning ). Peserta didik pada era IKM bukan
lagi sebagai objek belajar semata melainkan peserta didik diposisikan sebagai
subjek sesuai bakat, minat, dan kemampuan yang dimilikinya.
Abner Yohannes Baransano (2017)
mengungkapkan proses belajar mengajar perlu diperbaiki maka dibutuhkan suatu
inovatif dalam suatu pembelajaran yang dapat meningkatkan kegiatan dan hasil
belajar peserta didik. Model Picture and Picture sebagai salah satu
model pembelajaran yang aktif. Peserta didik dalam pembelajarannya menggunakan
gambar-gambar yang dipasangkan satu sama lain dan diurutkan menjadi urutan yang
logis. Pendidik mengungkapkan prinsip penerapan model pembelajaran picture
and picture berisi informasi kompentensi, materi, menunjukkan gambar yang
berkaitan dengan materi, peserta didik dapat mengurutkan gambar sehingga
sistematik, guru mengkonfirmasikan urutan gambar tersebut, guru menanamkan
konsep sesuai dengan bahan ajar yang akan diajarkannya, penyimpulan, refleksi serta
penilaian.
Pendidik menambahkan berdasarkan
penelitian Sasmita, dkk (2015:12), “Bahwa penerapan model pembelajaran picture
and picture dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik”. Penulis menjelaskan
materi yang diajarkan yakni materi Macam-macam alat ukur terdapat berbagai
gambar-gambar yang membuktikan konsep dari mata pelajaran Fisika. Pendidik
dengan menerapkan model pembelajaran picture and picture dalam
proses belajar mengajar (PBM) masih ada hubungannya dengan materi Macam-macam
alat ukur dengan adanya gambar-gambar pada materi membuat siswa mudah memahami
materinya.
Rohilah (Kompasiana: 2017) menjelaskan
beberapa kelebihan model pembelajaran picture and picture sebagai
berikut: 1) Materi yang diajarkan lebih terarah sebab pada awal pembelajaran
guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai dan materi secara singkat
terlebih dahulu. 2) Peserta didik lebih cepat dalam memahami materi pelajaran,
karena guru menunjukkan gambar-gambar tentang materi yang dipelajarinya. 3)
Peserta didik dengan menganalisa gambar, bisa mengembangkan daya nalar peserta
didik untuk berfikir logis. 4) Peserta didik dapat meningkatkan tanggung
jawabnya karena guru menanyakan alasan peserta didik mengurutkan gambar. 5) Peserta
didik dalam pembelajaran akan lebih berkesan karena dapat mengamati langsung
gambar yang telah dipersiapkan oleh gurunya.
Pendidik
berperan penting dalam memberikan pembelajaran yang bermakna pada mata
pelajaran Fisika bagi peserta didik kelas X SMA sejak dini. Peserta
didik selalu diperhatikan aktivitas pembelajarannya dengan metode dan media
yang tepat untuk kegiatan belajar mengajar Fisika agar lebih terarah, efektif,
dan efisien. Pendidik dengan menggunakan model picture and
picture pada mata pelajaran Fisika peserta didik kelas X SMA N 1 Bulakamba
kabupaten Brebes, provinsi Jawa Tengah dapat meningkatkan kemampuannya pada
materi Macam-macam alat ukur secara lebih optimal sehingga motivasi belajarnya
semakin meningkat serta tujuan pembelajaran tercapai maksimal pada era IKM yang
menekankan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.