Pembelajaran Model Picture and Picture Tingkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Era IKM


Octavianto, S.Pd.

Guru Mata Pelajaran Fisika Kelas X SMA N 1 Bulakamba

Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah

 

Indonesia menjadi salah satu negara berkembang yang sedang membangun manusia unggul dan berkualitas. Pentingnya pelaksanaan pembangunan Indonesia yang diharapkan agar sejajar dengan bangsa-bangsa lain yang sudah maju. Oleh karena itu dibutuhkan sumber daya manusia yang cerdas dan terampil pada bidangnya masing-masing. Pendidik meningkatkan kecerdasan dan keterampilan peserta didik dengan memahami karaketristik peserta didiknya terutama dalam implementasi Kurikulum Merdeka sekarang ini.

Sri Handayani (2019) mengungkapkan arti pentingnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan hampir di seluruh aspek kehidupan bangsa Indonesia. Dimana berbagai permasalahan tersebut hanya bisa dipecahkan dengan peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi. Peserta didik dengan mempelajari IPTEK memperoleh manfaat terutama dalam era persaingan dunia yang semakin ketat. Peserta didik hendaknya memaknai arti penting persaingan dunia, sehingga terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dimilikinya. Sesuai dengan kondisi peserta didik di kelas X SMA N 1 Bulakamba konsep pembelajaran saat ini harus berubah dari pembelajaran yang berpusat pada guru ( Teacher Centered Learning ) menjadi berpusat  kepada  peserta didik ( Student Centered Learning ). Peserta didik pada era IKM bukan lagi sebagai objek belajar semata melainkan peserta didik diposisikan sebagai subjek sesuai bakat, minat, dan kemampuan yang dimilikinya.

Abner Yohannes Baransano (2017) mengungkapkan proses belajar mengajar perlu diperbaiki maka dibutuhkan suatu inovatif dalam suatu pembelajaran yang dapat meningkatkan kegiatan dan hasil belajar peserta didik. Model Picture and Picture sebagai salah satu model pembelajaran yang aktif. Peserta didik dalam pembelajarannya menggunakan gambar-gambar yang dipasangkan satu sama lain dan diurutkan menjadi urutan yang logis. Pendidik mengungkapkan prinsip penerapan model pembelajaran picture and picture berisi informasi kompentensi, materi, menunjukkan gambar yang berkaitan dengan materi, peserta didik dapat mengurutkan gambar sehingga sistematik, guru mengkonfirmasikan urutan gambar tersebut, guru menanamkan konsep sesuai dengan bahan ajar yang akan diajarkannya, penyimpulan, refleksi serta penilaian.

Pendidik menambahkan berdasarkan penelitian Sasmita, dkk (2015:12), “Bahwa penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik”. Penulis menjelaskan materi yang diajarkan yakni materi Macam-macam alat ukur terdapat berbagai gambar-gambar yang membuktikan konsep dari mata pelajaran Fisika. Pendidik dengan menerapkan model pembelajaran picture and picture dalam proses belajar mengajar (PBM) masih ada hubungannya dengan materi Macam-macam alat ukur dengan adanya gambar-gambar pada materi membuat siswa mudah memahami materinya.

Rohilah (Kompasiana: 2017) menjelaskan beberapa kelebihan model pembelajaran picture and picture sebagai berikut: 1) Materi yang diajarkan lebih terarah sebab pada awal pembelajaran guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai dan materi secara singkat terlebih dahulu. 2) Peserta didik lebih cepat dalam memahami materi pelajaran, karena guru menunjukkan gambar-gambar tentang materi yang dipelajarinya. 3) Peserta didik dengan menganalisa gambar, bisa mengembangkan daya nalar peserta didik untuk berfikir logis. 4) Peserta didik dapat meningkatkan tanggung jawabnya karena guru menanyakan alasan peserta didik mengurutkan gambar. 5) Peserta didik dalam pembelajaran akan lebih berkesan karena dapat mengamati langsung gambar yang telah dipersiapkan oleh gurunya.

Pendidik berperan penting dalam memberikan pembelajaran yang bermakna pada mata pelajaran Fisika bagi peserta didik kelas X SMA sejak dini. Peserta didik selalu diperhatikan aktivitas pembelajarannya dengan metode dan media yang tepat untuk kegiatan belajar mengajar Fisika agar lebih terarah, efektif, dan efisien. Pendidik dengan menggunakan model picture and picture pada mata pelajaran Fisika peserta didik kelas X SMA N 1 Bulakamba kabupaten Brebes, provinsi Jawa Tengah dapat meningkatkan kemampuannya pada materi Macam-macam alat ukur secara lebih optimal sehingga motivasi belajarnya semakin meningkat serta tujuan pembelajaran tercapai maksimal pada era IKM yang menekankan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.